Rabu, 22 Mei 2024 Universitas
Nadhlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA) Fakultas Ekonomi Prodi Akuntansi sukses
menyelenggarakan kegiatan workshop “Reorientasi Mutu Kurikulum Berbasis Outcomes”.
Outcome Based Education (OBE) yang merupakan system pendidikann dirancang agar focus
kepada outcome/hasil dan tidak hanya berpusat pada materi yang harus selesai.
Saat ini, di zaman milenial kita
harus menghadapi tantangan globalisasi dan persaingan yang ketat, tentunya
perguruan tinggi di Indonesia harus menerima kemajuan dalam teknologi dan
transformasi revolusi industrI 4.0 yang berlangsung dengan cepat. Universitas
di Indonesia dituntut untuk dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi
daya saing tinggi dalam skala global atau internasional.
Dalam konteks ini, kurikulum
berbasis capaian pembelajaran (Outcome Based Education/OBE) menjadi keniscayaan
bagi perguruan tinggi di Indonesia, tak terkecuali perguruan tinggi Islam.
Dengan OBE, proses pembelajaran berfokus pada capaian pembelajaran (learning
outcomes) yang diharapkan dari mahasiswa setelah menyelesaikan suatu mata
kuliah, semester, atau program studi.
Kegiatan ini dimulai pada pukul
09.00 WIB yang dihadiri oleh
1.
Bapak Hadi Ismanto, S.HI., M.Pd. ( Wakil Rektor
I Universitas NU Sidoarjo)
2.
Ibu Dr. Ana – Christanti, S.Pd., M.Pd. (Kepala UPT pengembangan dan – inovasi pendidikan)
3.
Ibu Hj. Muhafidhah Novie, S.M., M.M. (Dekan
Fakultas Ekonomi)
4.
Ibu Dian Fahriani, S.E., M.SA. (Kaprodi
Akuntansi)
5.
Bapak Dr. Ardi Hamzah, SE., M.Si., Ak., CA.,
ACPA, AAP-B, CSRS, CSRA, CPSAK (Pemateri)
6.
Bapak Achmad Wicaksono, S.Ak., M.Ak. (Sekprodi
Akuntansi)
7.
Bapak Chairil Anwar, S.P., M.Ak. (Dosen Prodi
Akuntansi)
Dalam acara tersebut, peserta forum secara aktif berbagi ide dan
pengalaman mengenai implementasi OBE dalam kurikulum mereka masing-masing. Para
pemangku kepentingan dari berbagai latar belakang pendidikan, termasuk akademisi,
dan praktisi industri, turut serta memberikan pandangan kritis mereka terhadap
upaya peningkatan kurikulum.
Penerapan OBE memungkinkan pengembangan kurikulum yang fleksibel dan
responsif terhadap perubahan zaman. Silabus dan bahan ajar dapat disesuaikan
dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kebutuhan industri tanpa
harus mengubah capaian pembelajaran yang ditetapkan. Dengan demikian, lulusan
Universitas Nadhlatul Ulama Sidoarjo (UNUSIDA) Prodi Akuntansi akan memiliki
kompetensi aktual yang dibutuhkan industri dan masyarakat global.
Selain itu, OBE mendorong peran aktif mahasiswa dalam proses
pembelajaran. Mahasiswa tidak hanya menerima transfer pengetahuan dari dosen,
tapi aktif membangun pemahamannya sendiri untuk mencapai kompetensi yang
ditargetkan.
Salah satu sorotan utama
dari diskusi ini adalah penekanan terhadap kurikulum Internasional . Peserta
forum sepakat bahwa dengan mengadaptasi kurikulum OBE, mahasiswa akan lebih siap
menghadapi tantangan dunia nyata dan pasar kerja yang terus berubah. Peserta menggunakan
3 pendektan OBE dalam menentukan kurikulum yaitu:
1. Outcome-Based Curriculum (OBC)
2. Outcome-Based Teaching and Learning (OBTL)
3.
Outcome-Based Assesment and Evaluation for Improvement (OBAEI)
Dengan suksesnya kegiatan ini diharapkan Universitas Nadhlatul Ulama
Sidoarjo (UNUSIDA) Prodi Akuntansi mampu menjawab tantangan pengembangan
kurikulum yang dinamis.