Capaian Pembelajaran

Hasil kesepakatan FMI (Forum Mahasiswa Indonesia), dan panduan pengembangan Kurikulum Program Studi Akuntansi Universiatas Nahdlatul Ulama sidoarjo. CPL terdiri dari: aspek sikap

  1. Sikap, merupakan perilaku benar dan berbudidaya yang terbangun dari terinternalisasi dan aktualisasi nilai dan norma selama proses belajar serta kehidupan akademik di kampus baik tersetruktur maupun tidak tersetruktur.
  2. keterampilan umum, merupakan perwujudan akhir dari proses transformasi potensi yang ada dalam setkiap individu pembelajaran menjadi kompetensi atau kemampuan yang aplikatif, bermanfaat.
  3. keterampilan khusus, merupakan keterampilan yag wajib di miliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi, yang terkait dengan metode yang digunakan dalam kerja tersebut, tingkat mutu yang harus capai dan kondisi/proses dalam mencapai hasil tersebut.
  4. pengetahuan, merupakan cerminan terhadap penguasaan konsep, teori dan metode dan/atau falsafahbidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dan terakumulasi selama proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian masyarakat yang terkait pembelajaran.

Capaian Pembelajaran (CPL)
CPL Sikap
S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious
S2Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
S3Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S4Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S6Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S7Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
S11Menunjukkan sikap jujur, luhur dan setia dalam menjalankan
profesi dan pekerjaannya
S12Menunjukkan sikap saling percaya, saling melayani, dan menjunjung tinggi
kesetaraan dalam profesi dan pekerjaannya
S13Mengintegrasikan nilai-nilai Ala Ahlussunnah Wal Jama’ah (Aswaja) dalam kehidupan sosial, akademik dan religious.
CPL Keterampilan Umum
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang
Sesuai dengan bidang keahliannya
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dann menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
KU10Mampu menggunakan teknologi informasi (IT)
CPL Penguasaan Pengetahuan
PP1Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang prosedur, perencanaan, dan pelaporan keuangan entitas
PP2Menguasai konsep teoritis secara mendalam tentang:
a. Kerangka dasar penyajian dan penyusunan laporan keuangan
b. Kebijakan dan prinsip-prinsip akuntansi
c. Siklus akuntansi
d. Pengakuan, pengukuran, penyajian dan pengungkapan elemen – elemen laporan keuangan
e. Pemeriksaan laporan keuangan
f. Pelaporan Perpajakan
PP3Memahami etika bisnis dan kode etik profesi akuntansi
PP4Menguasai teknik, prinsip, dan pengetahuan prosedural tentang penggunaan teknologi informasi
PP5Menguasai konsep dan peraturan perpajakan dan hukum bisnis
PP6Mengenal identitas diri sebagai warga negara Indonesia, sarjana, cendikia, dan agen perubahan sosial (social entrepreneur) (humanisasi)
PP7Memahami, mengaplikasikan, dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang ilmunya masing-masing sesuai dengan profesi dan pekerjaannya. (humanisasi)
CPL Keterampilan Khusus
KK1Mampu secara mandiri menyusun, menganalisis, dan menginterpretasi laporan keuangan entitas sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku sebagai dasar pengambilan keputusan bisnis
KK2Mampu secara mandiri menyusun laporan kewajiban perpajakan baik untuk wajib pajak orang pribadi maupun badan sesuai perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia
KK3Mampu secara mandiri mengoperasikan dan memanfaatkan piranti lunak dalam rangka penyusunan laporan keuangan, anggaran, administrasi perpajakan, pengauditan, dan penelitian