“Dosen Akuntansi UNUSIDA Berikan Pendampingan Pengisian SPT Tahunan di Sidoarjo Selatan: Meningkatkan Kepatuhan Pajak Masyarakat”

“Optimalkan Keuangan UMKM: Dosen Akuntansi UNUSIDA Gelar Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan dengan Aplikasi Buku Warung”
September 4, 2024
“Dosen Akuntansi UNUSIDA Bantu Warga Sidoarjo Dengan Pendampingan Pelaporan SPT Tahunan Melalui E-Filing di Mall Ciplaz”
September 4, 2024

“Dosen Akuntansi UNUSIDA Berikan Pendampingan Pengisian SPT Tahunan di Sidoarjo Selatan: Meningkatkan Kepatuhan Pajak Masyarakat”

Sidoarjo, 4 September 2024 – A. Wicaksono, S.Ak., M.Ak., Dian Fahriani, S.E., M.SA., dan Kafidin Muzakki, S.E., M.AK. merupakan dosen dari Program Studi Akuntansi Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo yang baru-baru ini melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat berupa program pendampingan untuk pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Orang Pribadi di wilayah Sidoarjo Selatan. Kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat, 1 Oktober 2023, ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memahami dan mengisi SPT dengan benar, sehingga mempermudah proses pelaporan pajak tahunan.

Kegiatan pendampingan ini merupakan bagian dari komitmen UNUSIDA dalam meningkatkan kesadaran pajak dan kemampuan literasi pajak masyarakat. A. Wicaksono, S.Ak., M.Ak.,, dan dosen akuntansi lainyya, mengungkapkan bahwa banyak warga masih merasa kesulitan dalam mengisi SPT tahunan secara mandiri. Oleh karena itu, program ini dirancang untuk memberikan bimbingan langsung dan menjawab berbagai pertanyaan terkait pengisian SPT.

“Pengisian SPT Tahunan adalah kewajiban setiap wajib pajak, namun seringkali masyarakat menghadapi berbagai kendala dalam prosesnya. Melalui pendampingan ini, kami berharap dapat membantu mereka untuk lebih memahami cara mengisi formulir dengan benar, serta menghindari kesalahan yang dapat berdampak pada kewajiban pajak mereka,” ujar A. Wicaksono, S.Ak., M.Ak.,  saat membuka acara.

Selama sesi pendampingan, peserta diberikan penjelasan mengenai tata cara pengisian SPT, dokumen-dokumen yang diperlukan, serta tips untuk memastikan data yang dilaporkan akurat. Selain itu, peserta juga diajak untuk mempraktikkan pengisian SPT dengan bimbingan langsung dari tim dosen, sehingga mereka dapat langsung mengatasi kendala yang mereka hadapi.

Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat di wilayah Sidoarjo
Selatan yang hadir ke KPP Pratama Sidoarjo Selatan mampu dilayani dengan baik oleh Relawan
Pajak  yang  bertugas  pada  hari  tersebut.  Masyarakat  yang  hadir  secara  keseluruhan  mampu melaporkan  kewajiban  perpajakannya  melalui  pelaporan  SPT  secara  elektronik. Dalam melakukan pendampingan, seorang Relawan Pajak ditemani oleh 1 orang Pengawas dari KPP Pratama Sidoarjo Selatan dan 1 orang Dosen dari Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo. Apabila relawan  pajak  mengalami  kesulitan  atau  kendala  dalam  memandu  pengisian  SPT,  pengawas segera  menindaklanjuti  sehingga  proses  pelayanan  pelaporan  SPT  tahunan  orang  pribadi menjadi tidak terganggu dan kendala yang dialami dapat teratasi.

Kegiatan ini tidak hanya mendapat sambutan positif dari peserta, tetapi juga dukungan dari pihak-pihak terkait di wilayah Sidoarjo Selatan. UNUSIDA berharap bahwa program pendampingan ini dapat berkontribusi pada peningkatan kepatuhan pajak dan pengelolaan pajak yang lebih baik di masyarakat.

Ke depannya, UNUSIDA berencana untuk melanjutkan inisiatif serupa di berbagai wilayah lain, sebagai bagian dari upaya berkelanjutan dalam pemberdayaan masyarakat dan peningkatan literasi pajak. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan diskusi, di mana peserta dapat menyampaikan pertanyaan dan mendapatkan solusi dari para ahli.